Bingung??? Setelah bikin blog ngapain lagi ya?

Beberapa pesan email dari teman2 yang kira-kira isinya seperti berikut:

“Mas Sofwan, saya sudah bikin blog, tetapi saat ini saya bingung, abis ini mau ngapain lagi ya?”.

Saya yakin diantara teman-2 banyak juga mengalami problem seperti diatas, terutama buat pemula dalam dunia blogsphere. Masih wajar, karena hampir semua orang juga mengalaminya. Termasuk saya, bahkan sampai sekarang saya masih sering kebingungan. Abis ini mau ngapain lagi ya?

Sebenarnya apa yang akan saya sampaikan berikut ini sederhana, bahkan buat sebagian orang sangat sederhana. Tetapi buat sebagian lainnya sesuatu yang sangat sulit atau lebih tepatnya “hal yang tidak terpikirkan sebelumnya”. Pertanyaan yang sering muncul adalah, "what the next step?"

Nah, ini dia tugas anda selanjutnya setelah selesai bikin blog.

- Merapikan Template Blog

Seyogianya template blog sudah harus anda persiapkan sebelum proses membuat blog, tetapi jika sudah terlanjur mau bilang apalagi. Nggak jadi keharusan memang, hanya saja jika blog terlalu sering berganti template kurang bagus juga. Selain menyita banyak waktu anda, blog bisa jadi kurang seo friendly.

Biasanya template standart blogger memang masih kurang komplit dan wajib anda benahi lagi, baik itu segi aksesoris blog seperti:
menambahkan kode “read more”

Selanjutnya......